Tips Merawat Ayam Jalu Jadi Petarung Hebat

Tips Merawat Ayam Jalu Jadi Petarung Hebat

Tips Merawat Ayam Jalu Jadi Petarung Hebat Sesuai dengan namanya, ayam jalu merupakan jenis ayam aduan yang memanfaatkan jalu/tajinya yang akan digun

Teknik Bertarung Ngalung Ayam Aduan Dan Cara Mengatasinya
Cara Mengairi Ayam Dengan Benar Saat Di Adu
Alasan Mengapa Sabung Ayam Tak Bisa Hilang Dari Indonesia
Penyembuhan Ayam Petarung Yang Lumpuh
Manfaat Pemijatan Untuk Ayam Bangkok

Tips Merawat Ayam Jalu Jadi Petarung Hebat

Sesuai dengan namanya, ayam jalu merupakan jenis ayam aduan yang memanfaatkan jalu/tajinya yang akan digunakan untuk melukai lawannya saat bertarung didalam arena sabung ayam. Selain teknik pukulan yang ditonjolkan, ayam ini juga bisa membuat lawan tersungkur di arena sabung.

Pada umumnya ayam jalu memiliki gaya tarung yang cepat dan mampu melakukan serangan yang berubi – tubi. Oleh sebab itu, ayam ini harus memiliki tubuh yang proporsional adar bisa lebih aktif lagi dalam menyerang.

Untuk mendapatkan ayam jalu yang hebat, anda harus memperhatikan beberapa ciri – ciri khususnya. Setelah mendapatkan ayam yang sesuai dengan kriteria. Selanjutnya berikan perawatan dan pelatihan yang baik supaya bisa menghasilkan ayam jalu hebat dan bahkan bisa menjadi ayam pembunuh.

Ayam Jalu Pembunuh

Ayam jalu pembunuh adalah salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari Thailand yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Karena kemampuan tarungnya yang tiada duanya, sehingga masih menjadi idaman banyak pecinta ayam aduan.

Perawatan dan Pelatihan Ayam Jalu Pukul Mati

Cara merawat dan melatih ayam jalu untuk bisa menjadi ayam pembunuh yaitu:

Senam Ringan

Ayam jalu bisa melakukan senam ringan pada pagi hari sekitar jam 7 – 8. Senam ringan yang bisa diberikan yaitu senam leher. Caranya yaitu dengan menyangga leher ayam jalu dengan telapak tangan kiri, lalu tangan kanan memegang bagian belakang ayam disebelah bawah.

Kemudian lakukan senam kamip dengan cara angkat satu per satu pada bagian kamip kiri dan kanan masing – masing 10 kali, kemudian ditingkatkan lagi 10 kali. Selanjutnya lakukan senam kaki dengan cara menekan bagian punggung ayam sampai posisi badanmencapai lanai atau setengah mendekam kemudian dorong maju mundur.

Memandikan Ayam Jalu

Untuk memandikan ayam jalu, anda bisa lekukan 1×2 hari sekitar jam 07.00 atau 08.00. tujuan memandikan ayam jalu ialah untuk membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah ayam keseluruh tubuh dan juga untuk melemaskan sendi dan otot ayam. Ketika dimandikan, ayam jangan sampai lupa di beri Shampo Ayam agar bulunya tambah mengkilap.

Selain itu, memandikan ayam juga mampu membuat ayam lebih segar dan sehat karena terbebas dari debu dan kotoran. Bila ayam bersih, pasti lebih enak dipandang.

Menjemur Ayam Jalu

Penjemuran ayam jalu bisa dilakukan setiap hari, tetapi ada pengecualiannya yaitu 2-3 hari sebelum di adu ayam tidak boleh dijemur. Karena ayam aduan harus istirahat total tanpa ada kegiatan latihan apapun. Untuk waktu penjemuran sebaiknya sekitar 1 jam saja.

Penjemuran ini bertujuan untuk memperpanjang napas ayam, meningkatkan kekebalan tubuh ayam, membuat tulang menjadi kuat, membuat tubuh ayam menjadi ideal, dan masih banyak lagi lainnya. Terlebih kalau anda memberikan suplemen tambahan sebagai pendukung perawatan seperti Jamu Provit, Jamu Monster Pro, Kaitong dan Vitop.

Pemberian Makanan dan Vitamin

Untuk makanan ayam jalu, bisa diberikan pakan gabah, beras merah dan juga Pur 592. Setelah itu berikan juga tambahan makanan lainnya seperti Pur 591 dan Power Plus untuk meningkatkan stamina ayam aduan.

Selain itu, anda juga bisa berikan doping. Baik doping buatan sendiri maupun doping buatan pabrik. Untuk doping, anda bisa coba berikan Dopping Ayam, Doping Power Cock, Doping Champion, Doping V22, dan Doping VIP SET.

Latihan Kliter

Ayam jalu yang sering di abar membutuhkan sekali latihan fisik dan mental secara rutin supaya kemampuannya bisa berkembang. Alat olahraga yang sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan ayam aduan yaitu Kurungan Ayam Kliter dan juga Kliter Ayam Kurungan.

Latihan Abar

Abar merupakan latihan tarung dengan ayam aduan lain yang bertujuan untuk membuat mental dan teknik ayam aduan bisa terbentuk serta mampu memenangkan pertandingan. Untuk ayam muda yang baru pertama kali diabar, sebaiknya dilakukan dengan durasi 5-10 menit. supaya latihan abarnya bisa maksimal, anda bisa juga memakai metode dengan Jaring Tabrak.
Supaya ayam tidak terlalu kelelahan, sebaiknya lakukan latihan abar dengan selang waktu 7 sampai 10 hari dengan peningkatan wkatu setiap kali abarnya.